Fakta-Fakta Bike to School

  1. 73% orangtua tidak pernah berpikir bahwa anak-anak mereka memiliki cukup latihan fisik selama di sekolah.
  2. Anak-anak yang diantar ke sekolah menggunakan kendaraan bermotor menghabiskan waktunya di atas kendaraan tersebut rata-rata 2 jam 35 menit dalam satu minggu, yang setara dengan 8% dari waktu sekolah mereka. Bandingkan dengan 5% dari waktu sekolah untuk kegiatan fisiknya (olahraga resmi).
  3. 67% orangtua melihat adanya peningkatan kesehatan dan kebugaran saat anak-anak mereka bersepeda ke sekolah.
  4. 59% orangtua yang anak-anaknya bersepeda ke sekolah secara teratur mengatakan bahwa ada perkembangan fisik mereka yang lebih sehat dan bugar. Seperempatnya mengatakan juga ada perkembangan yang positif pada mental mereka.
  5. Lebih banyak ayah (28%) daripada ibu (20%) yang melihat kalau bersepeda telah meningkatkan rasa percaya diri anak-anak mereka.
  6. 36% orangtua yang menyadari bahwa anak-anak mereka yang bersepeda ke sekolah telah mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi.
  7. Kurang lebih 81% anak-anak menempuh perjalanan kurang dari lima mil (8 km) untuk ke sekolah, jarak yang bisa ditempuh dengan bersepeda, tetapi hanya 2% yang melakukannya. Jika ada fasilitas seperti bikelane, 37% orangtua akan mengijinkan anak-anak mereka untuk bersepeda ke sekolah.
  8. Di Inggris, 8,3 juta anak-anak pergi ke sekolah setiap hari, tetapi hanya sebagian kecil saja yang bersepeda ke sekolah (di bawah 2%), meskipun fakta di sana menunjukkan bahwa satu dari tiga anak ingin sekali bersepeda ke sekolah.
  9. Penelitian di Amerika pun menunjukkan bahwa ada hubungan yang selaras antara aktivitas fisik dengan hasil tes di sekolah. Artinya, makin banyak aktivitas fisik yang dijalani oleh seorang murid, makin baik pula hasil tesnya.
  10. Para orangtua yang memiliki anak 11-18 tahun dapat menghemat uang sampai 520 juta poundsterling (1 poundsterling = 6.000 rupiah) setahun bagi mereka yang anak-anaknya bersepeda ke sekolah daripada menggunakan kendaraan bermotor.
  11. Mobil mengeluarkan 21% dari emisi CO di Inggris (salah satu penyebab terjadinya efek global warming), akibatnya satu dari tujuh anak-anak di Inggris mempunyai penyakit asma yang diakibatkan oleh polusi kendaraan bermotor.
  12. 90% anak-anak mendapatkan sepeda dari orangtuanya dan lebih dari 30% ingin bersepeda ke sekolah, tetapi hanya 1% yang melakukannya.
  13. Satu dari empat perjalanan mobil memang bike-friendly tetapi hanya mereka yang menempuh perjalanan 2 mil (3,2 km) atau kurang.
  14. Jumlah anak-anak yang diantar ke sekolah dengan kendaraan bermotor bertambah dua kali lipat (tahun 2006) sejak 1985.
  15. Dengan bersepeda, kita dapat melakukan perjalanan empat kali lebih cepat daripada berjalan dengan energi yang sama.[]

sumber : http://b2w-indonesia.or.id/bacanote/fakta_fakta_bike_to_school

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s